Sabtu, 25 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor  : 01

SMP
:
SMP Negeri 1 Dukuhturi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 1
Alokasi Waktu
:
4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi  :
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.

B.     Kompetensi Dasar  :
1.1.  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi proses pembentukan , dan dampaknya terhadap          kehidupan.

C.     Tujuan Pembelajaran   :
               Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
  1. Menjelaskan pengertian tenaga endogen penyebab terjadinya bentuk muka bumi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  2. Menyebutkan 3 jenis-jenis tenaga endogen untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  3. Menjelaskan pengertian tenaga eksogen penyebab terjadinya bentuk muka bumi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  4. Mengidentifikasi gejala diatropisme untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  5. Menjelaskan pengertian patahan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  6. Menyebutkan 3 bentuk patahan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  7. Menjelaskan pengertian lipatan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  8. Menyebutkan 3 bentuk lipatan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.


D.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian  tenaga endogen.
2.      Jenis-jenis tenaga endogen.
3.      Pengertian tenaga eksogen.
4.      Gejala Diastropisme
5.      Pengertian patahan
6.      Bentuk-bentuk patahan
7.      Pengertian lipatan
8.      Bentuk-bentuk lipatan.

E.     Metode  Dan Model Pembelajaran
1.      Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab
2.      Model Pembelajaran   : Cooperative 
          
F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran         

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
-          Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
-          Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
-          Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.



b.      Elaborasi :
Ø  Guru menjelaskan materi tentang tenaga endogen dan tenaga eksogen
Ø  Penayangan materi dengan LCD tentang proses endogen dan eksogen penyebab terjadinya bentuk muka bumi
Ø  Dilakukan tanya jawab tentang materi pelajaran.

c.       Konfirmasi :
-          Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil Tanya jawab
-          Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit









20 Menit






5 Menit

Penayangan LCD dengan Demonstrasi dan Tanya jawab
3.
Penutup :
a.       Mengadakan penilaian
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

      Pertemuan   2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.


5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
-          Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
-          Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
-          Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.
b.      Elaborasi :
Ø  Memotivasi siswa untuk membentuk kelompok diskusi, Siswa dibagi dalam empat kelompok.
Ø  Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan tentang
       -  Kelompok 1 :  Tektonisme
       -  Kelompok 2 :  Vulkanisme
       -  Kelompok 3 :  Gempa bumi
       -  Kelompok 4 :  Patahan dan Lipatan
Ø  Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.
Ø  Tanya jawab tentang perbedaan hasil kerja kelompok
c.       Konfirmasi :
-          Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
-          Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerja kelompoknya
-          Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit







20 Menit












5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.       Menyimpulkan hasil diskusi
b.      Mengadakan penilaian
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab




G.    Sumber dan Media Pembelajaran
G.1. Sumber Pembelajaran :
Daldjoeni. 1992. Geografi Baru : Geograti Keruangan Dalam Teori dan             Praktek. Bandung : Alumni
Danang Endarto. 2008. Pengantar Geologi Indonesia. Surakarta : UNS Press.
Mamat Ruhimat. Dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta :        Grafindo Media Pratama.

G.2. Media Pembelajaran :
a.       Peta
b.      Globe
c.       Gmbar-gambar
d.      LCD

A.  Penilaian    :
     1. Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
     2. Bentuk Instrumen  : Pilihan Ganda
     3. Soal / Instrumen    :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang ( X ) di depan huruf ; a, b, c, atau d yang kamu anggap paling benar !
1.      Tenaga dari dalam  bumi yang sifatnya membangun disebut tenaga ... .
a.       Endogen                              c.   Metamorfosa
b.      Eksogen                              d.   Sedimentasi
2.      Tenaga dari permukaan bumi yang sifatnya merusak kulit bumi disebut tenaga ... .
a.       Endogen                              c.   Metamorfosa
      b.   Eksogen                              d.   Sedimentasi
3.      Berikut ini bukan termasuk tenaga endogen adalah ... .
a.       Vulkanisme                         c.   Seismik
      b.   Tektonik                              d.   Sedimentasi
4.      Gejala alam sebagai akibat aktivitas magma di bumi disebut ... .
a.       Vulkanisme                         c.   Seismik
      b.   Tektonik                              d.   Sedimentasi
5.      Gerak atau pergeseran lapisan kulit bumi secara cepat dan daerahnya relatif sempit disebut gerak ... .
a.       Epirogenesa                         c.   Seismik
      b.   Orogenesa                           d.   Vulkanisme
6.      Bukit-bukit pasir yang terdapat di pantai dinamakan ... .
a.       Canyon                                c.   Flood Plain
      b.   Delta                                   d.   Sund Dunes
7.      Sumber gempa bumi dinamakan ... .
a.       Episentrum                          c.   Seismograf
      b.   Hiposentrum                       d.   Seismogram
8.      Gempa yang terjadi akibat pergeseran letak lapisan kulit bumi disebut gempa ...
a.       Vulkanik                              c.   Runtuhan
      b.   Tektonik                              d.   Longsora
9.      Berikut adalah faktor yang berperan sebagai penggerak tenaga eksogen adalah kecuali ...
a.       Tanah                                   c.   Angin
      b.   Sinar Matahari                     d.   Air
10.  Endapan lumpur yang terletak di muara sungai besar atau tempat pertemuan sungai dan laut dinamakan ... .
a.       Delta                                     c.   Alluvial Fan
      b.   Canyon                                 d.   Aliran sungai









Kunci Jawaban
1.      A
2.      B
3.      D
4.      A
5.      A
6.      D
7.      B
8.      B
9.      A
10.  A

Kriteria Penilaian :

  1. Untuk tes pilihan ganda setiap jawaban benar nilai 10, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  100.
  2. Untuk penilaian proses, setiap aspek maksimal nilainya 20, sehingga skor maksimal adalah 100.
  3. Skor total penilaian adalah skor maksimal tes pilihan ganda ditambah skor maksimal tes penilaian proses dibagi 2.




                                  
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Samsudin, S.Pd
NIP,






Kunci Jawaban
11.  A
12.  B
13.  D
14.  A
15.  A
16.  D
17.  B
18.  B
19.  A
20.  A

Kriteria Penilaian :

  1. Untuk tes pilihan ganda setiap jawaban benar nilai 10, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  100.
  2. Untuk penilaian proses, setiap aspek maksimal nilainya 20, sehingga skor maksimal adalah 100.
  3. Skor total penilaian adalah skor maksimal tes pilihan ganda ditambah skor maksimal tes penilaian proses dibagi 2.




                                 
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Teguh PW
NIP,




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor  : 02

SMP
:
SMP Negeri 1 Dukuhturi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 1
Alokasi Waktu
:
4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.   Standar Kompetensi  :
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.

B.      Kompetensi Dasar  :
1.1.  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi proses pembentukan , dan dampaknya terhadap          kehidupan.

C.     Tujuan Pembelajaran   :
               Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.      Menjelaskan pengertian tektonisme untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
2.      Menjelaskan pengertian vulkanisme untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
3.      Menyebutkan 3 jenis tipe gunung berapi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
4.      Menjelaskan tanda-tanda gunung akan meletus untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
5.      Menyebutkan bahan atau material yang dikeluarkan oleh ekstrusi magma untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
6.      Menjelaskan pengertian gempa bumi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
7.      Membedakan antara gempa tektonik dengan gempa vulkanik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.

D.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian  tektonisme
2.      Pengertian vulkanisme
3.      Tipe gunung api
4.      Tanda-tanda gunung akan meletus
5.      Material yang dihasilkan ekstrusi magma
6.      Pengertian gempa bumi
7.      Perbedaan gempa tektonik dan gempa vulkanik

E.      Metode  Dan Model Pembelajaran
  1. Metode                        : Jigsaw
  2. Model Pembelajaran   : Cooperative 
          
F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.         Eksplorasi :
Ø  Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
Ø  Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar






b.     Elaborasi :
Ø  Menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan penayangan LCD.
Ø  Mengadakan Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
Ø  Mendemontrasikan proses terjadinya letusan gunung api dan gempa tektonis

c.     Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil demonstrasi
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil demonstrasinya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit










20 Menit







5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.         Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
b.         Mengadakan penilaian
c.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

Pertemuan 2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.         Eksplorasi :
Ø  Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
Ø  Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
Ø  Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.

b.     Elaborasi :
Ø  Memotivasi siswa untuk membentuk kelompok diskusi, Siswa dibagi dalam empat kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4 siswa
Ø  Setiap kelompok diberi bahan diskusi tentang :
-  Kelompok 1 : Tektonisme
      -  Kelompok 2 :  Vulkanisme
      -  Kelompok 3 :  Gempa atau seisme
      -  Kelompok 4 :  Dampak tektonisme, vulkanisme, dan                                   gempa atau seisme terhadap kehidupan.
Ø  Setiap anggota kelompok mengerjakan tugas pada tiap sub materi diskusi
Ø  Anggota kelompok yang mengerjakan tugas yang sama mengelompok menjadi kelompok ahli untuk membahas materi diskusi.
Ø  Setelah selesai pembahasan di kelompok ahli, mereka kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan pada teman kelompoknya masing-masing.
Ø   mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya.
Ø  Tanya jawab tentang perbedaannya hasil kerja kelompok






c.     Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerja kelompoknya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit







20 Menit

























5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.         Menyimpulkan hasil diskusi
b.         Mengadakan penilaian
c.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
G.1. Sumber Pembelajaran :
Daldjoeni. 1992. Geografi Baru : Geograti Keruangan Dalam Teori dan             Praktek. Bandung : Alumni
Danang Endarto. 2008. Pengantar Geologi Indonesia. Surakarta : UNS Press.
Mamat Ruhimat. Dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta :        Grafindo Media Pratama.

G.2. Media Pembelajaran :
a.       Peta
b.      Globe
c.       LCD

I.     Penilaian    :
     1. Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
     2. Bentuk Instrumen  : Uraian
     3. Soal / Instrumen    :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.      Jelaskan pengertian tektonisme !
2.      Jelaskan pengertian vulkanisme !
3.      Sebutkan 3 jenis tipe gunung berapi !
4.      Jelaskan tanda-tanda gunung akan meletus !
5.      Sebutkan bahan atau material padat  yang dikeluarkan oleh ekstrusi magma!
6.      Sebutkan bahan atau material cair  yang dikeluarkan oleh ekstrusi magma!
7.      Sebutkan bahan atau material gas  yang dikeluarkan oleh ekstrusi magma!
8.      Jelaskan pengertian gempa bumi !
9.      Sebutkan alat pencatat gempa !
10.  Bedakan antara gempa tektonik dengan gempa vulkanik !

Kunci Jawaban
1.      Tektonisme adalah perubahan letak atau kedudukan lapisan kulit bumi secara horisontal maupun vertikal.
2.      Vulkanisme adalah segala kegiatan magma dari lapisan dalam menuju ke lapisan luar.
3.      Tipe Stato, Tipe Maar, dan Tipe Tameng
4.      Tanda-tanda gunung akan meletus :
a.       Sering terjadi gempa
b.      Sering terdengar suara gemuruh dari dalam gunung
c.       Banyak sumber air yang mengering
d.      Hewan banyak yang turun gunung
5.      Bahan padat yang dihasilkan letusan gunung api : bom, lapili, pasir, dan abu debu.
6.      Bahan cair yang dihasilkan letusan gunung api : Lava, lahar panas, lahar dingin
7.      Bahan gas yang dihasilkan letusan gunung api : Solfatar, fumarol, mofet.
8.      Gempa bumi adalah getaran bumi atau kulit bumi secara tiba-tiba bersumber pada lapisan kulit bumi bagian dalam, dirambatkan oleh kulit bumi ke permukaan bumi.



9.      Seismograf
10.  Gempa tektonik terjadi karena adanya pergerakan letak lapisan kulit bumi atau dislokasi sehingga menimbulkan getaran yang hebat, sedangkan gempa vulkanik terjadi sebelum, sesudah atau bersamaan dengan meletusnya gunung api.

Kriteria Penilaian :

1.      Untuk setiap jawaban benar nilai 2, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  20.
2.      Skor total penilaian adalah skor maksimal tes uraian dibagi 2.





                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Samsudin, S.Pd
NIP,











11.  Seismograf
12.  Gempa tektonik terjadi karena adanya pergerakan letak lapisan kulit bumi atau dislokasi sehingga menimbulkan getaran yang hebat, sedangkan gempa vulkanik terjadi sebelum, sesudah atau bersamaan dengan meletusnya gunung api.

Kriteria Penilaian :

3.      Untuk setiap jawaban benar nilai 2, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  20.
4.      Skor total penilaian adalah skor maksimal tes uraian dibagi 2.





                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Teguh PW, S.Pd
NIP.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor  : 03

SMP
:
SMP Negeri 1 Dukuhturi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 1
Alokasi Waktu
:
4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.   Standar Kompetensi  :
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.

B.     Kompetensi Dasar  :
1.1.  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi proses pembentukan , dan dampaknya terhadap          kehidupan.

C.     Tujuan Pembelajaran   :
               Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
  1. Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
  2. Menjelaskan proses terjadinya pelapukan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  3. Menjelaskan proses terjadinya erosi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  4. Menjelaskan faktor penyebab erosi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  5. Menjelaskan proses terjadinya sedimentasi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
  6. Menjelaskan dampak positif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan manusia untuk menumbuhkan kepedulian sosial.
  7. Menjelaskan dampak negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan manusia untuk menumbuhkan kepedulian sosial

D.     Materi Pembelajaran
1.      Jenis-jenis batuan
2.      Proses terjadinya pelapukan
3.      Proses terjadinya erosi
4.      Faktor penyebab erosi
5.      Proses terjadinya sedimentasi
6.      Dampak positif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan manusia
7.      Dampak negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan manusia

E.     Metode  Dan Model Pembelajaran
1.      Metode                        : Demonstrasi, Ceramah, dan Tanya Jawab
2.      Model Pembelajaran   : Cooperative 
          
F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran         
Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
b.      Elaborasi :
Ø  Menyampaikan materi dengan penayangan LCD
Ø  Mengadakan Tanya jawab
Ø  Mendemonstrasikan proses terjadinya batuan, erosi, sedimentasi, dan pelapukan.

c.       Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil demonstrasi
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerjanya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit




20 Menit





5 Menit

Tanya jawab, demonstrasi
3.
Penutup :
a.       Menyimpulkan materi yang telah disampaikan guru
b.      Mengadakan penilaian
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

      Pertemuan   2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
·         Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.

b.      Elaborasi :
Ø  Memotivasi siswa untuk membentuk kelompok diskusi, Siswa dibagi dalam empat kelompok.
Ø  Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan tentang
Ø  Kelompok 1 :  Pengendapan
Ø  Kelompok 2 :  Pelapukan
Ø  Kelompok 3 :  Pengikisan
Ø  Kelompok 4 :  Batuan
Ø  Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.
Ø  Tanya jawab tentang perbedaannya hasil kerja kelompok

c.       Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerja kelompoknya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit







20 Menit












5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.       Menyimpulkan hasil diskusi
b.      Mengadakan penilaian
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab







G.     Sumber dan Media Pembelajaran
G.1. Sumber Pembelajaran :
Daldjoeni. 1992. Geografi Baru : Geograti Keruangan Dalam Teori dan             Praktek. Bandung : Alumni
Danang Endarto. 2008. Pengantar Geologi Indonesia. Surakarta : UNS Press.
Mamat Ruhimat. Dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta :        Grafindo Media Pratama.

G.2. Media Pembelajaran :
a.       Peta
b.      Globe
c.       LCD

H.  Penilaian    :
     1. Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
     2. Bentuk Instrumen  : Pilihan Ganda
     3. Soal / Instrumen    :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang ( X ) di depan huruf ; a, b, c, atau d yang kamu anggap paling benar !
      1.  Batuan yang terjadi dari magma yang membeku karena mengalami proses pendinginan             disebut batuan ... .
a.       Beku                                 c.   Malihan
b.      Metamorf                          d.   Sedimentasi
2.      Batu pualam adalah contoh batuan metamorf ... .
a.       Dinamo                               c.   Pneumatomalistis
      b.   Kontak                               d.   Organik
3.      Pelapukan yang terjadi akibat aktivitas organisme dinamakan  ... .
a.       Mekanik                              c.   Fisika
      b.   Kimia                                  d.   Biologis
4.      Peristiwa terkikisnya batuan disebut ... .
a.       Erosi                                   c.   Longsor
      b.   Gempa                                d.   Sedimentasi
5.      Erosi yang terjadi di daerah pantai  disebut  ... .
a.       Korasi                                  c.   Deflasi
      b.   Denudasi                            d.   Abrasi
6.      Berdasarkan tempat pengendapannya sedimentasi yang terjadi di daerah rawa dinamakan sedimentasi ... .
a.      Aeolis                                   c.   Limnis
      b.   Aquatis                                 d.   Teoritis
7.      Di daerah kutub, erosi yang terjadi termasuk jenis erosi  ... .
a.      Abrasi                                   c.   Glacial
      b.   Deflasi                                 d.   Karasi
8.      Gempa yang terjadi akibat pergeseran letak lapisan kulit bumi disebut gempa ...
a.       Vulkanik                              c.   Runtuhan
      b.   Tektonik                              d.   Longsoran
9.      Berikut adalah faktor yang berperan sebagai penggerak tenaga eksogen adalah kecuali ...
a.       Tanah                                   c.   Angin
      b.   Sinar Matahari                     d.   Air
10.        Endapan lumpur yang terletak di muara sungai besar atau tempat pertemuan sungai dan laut dinamakan ... .
a.       Delta                                     c.   Alluvial Fan
      b.   Canyon                                 d.   Aliran sungai









Kunci Jawaban
1.      A
2.      B
3.      D
4.      A
5.      D
6.      C
7.      C
8.      B
9.      A
10.  A




Kriteria Penilaian :

  1. Untuk tes pilihan ganda setiap jawaban benar nilai 10, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  100.
  2. Skor total penilaian adalah skor maksimal tes pilihan ganda ditambah skor maksimal tes penilaian proses dibagi 2.




                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Samsudin, S.Pd
NIP,





Kunci Jawaban
11.  A
12.  B
13.  D
14.  A
15.  D
16.  C
17.  C
18.  B
19.  A
20.  A




Kriteria Penilaian :

  1. Untuk tes pilihan ganda setiap jawaban benar nilai 10, sehingga kalau siswa menjawab benar semua nilainya  100.
  2. Skor total penilaian adalah skor maksimal tes pilihan ganda ditambah skor maksimal tes penilaian proses dibagi 2.




                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Teguh PW, S.Pd
NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor  : 04

SMP
:
SMP Negeri 1 Dukuhturi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 1
Alokasi Waktu
:
4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)


A.  Standar Kompetensi         :
      1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

B.   Kompetensi Dasar                       :
      1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia

C.  Tujuan Pembelajaran   :
           Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1. Mendeskripsikan pengertian masa pra aksara untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
      2. Menyebutkan sumber utama penentuan jaman pra aksara untuk menumbuhkan kreativitas.
       3. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
4. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia untuk menumbuhkan      kerja keras.

D.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian masa pra aksara.
2.      Sumber utama jaman pra aksara
3.      Jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
  1. Perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia

E.  Metode  dan Model Pembelajaran
  1. Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab
  2. Model Pembelajaran   : Cooperative Learning

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
      1.Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.   Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.   Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.  Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
b.  Elaborasi :
Ø  Menyampaikan materi dengan penayangan LCD
Ø  Mengadakan Tanya jawab
Ø  Mendemonstrasikan proses kehidupan jaman pra aksara dari mulai food gathering hingga bercocok tanam.
c.  Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil demonstrasi
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerjanya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.






5 Menit




20 Menit




5 Menit

Tanya jawab, demonstrasi
3.
Penutup :
a.   Menyimpulkan materi yang telah disampaikan guru
b.   Mengadakan penilaian
c.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

      Pertemuan   2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
·         Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.

d.      Elaborasi :
Ø  Memotivasi siswa untuk membentuk kelompok diskusi, Siswa dibagi dalam empat kelompok.
Ø  Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan tentang
Ø  Kelompok 1 :  Pengertian jaman pra aksara
Ø  Kelompok 2 :  Sumber utama jaman pra                          aksara
Ø  Kelompok 3 :  Jenis manusia purba di                         Indonesia
Ø  Kelompok 4 :  Perkembangan kehidupan manusia purba                         di Indonesia
Ø  Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.
Ø  Tanya jawab tentang perbedaannya hasil kerja kelompok

e.       Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerja kelompoknya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit







20 Menit















5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.       Menyimpulkan hasil diskusi
b.      Mengadakan penilaian
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

G.    Sumber dan Media Pembelajaran :
1.      Sumber Pembelajaran  :
a.       Buku IPS Sejarah Kelas VII
b.      Buku IPS Kelas VII
2.      Media Pembelajaran    :
a.       LCD
b.      Gambar Manusia Pra Aksara



H.    Penilaian
      1. Teknik Penilaian:
           a.  Tes Tulis.
           b.  Tes unjuk kerja.
      2.Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Uji petik kerja produk
3.Soal/instrumen:
Tes uraian :
             1.  Apa yang dimaksud masa pra aksara?
             2.  Jelaskan pengertian fosil ?
3.   Sebutkan 2 jenis sumber utama jaman pra aksara ?
4.   Sebutkan 4 jenis manusia purba yang hidup di Indonesia ?
5.   jelaskan perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?

Uji petik kerja produk :
-          Buatlah suatu tulisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, apakah manusia purba atau yang berasal dari Yunan !


Kunci Jawaban :
1.      Jaman Sebelum manusia mengenal tulisan
2.      Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah tertimbun di dalam tanah dan telah membatu.
3.      umber utama jaman pra aksara adalah : Fosil, dan Artefak
4.      Jenis manusia purba yang hidup di Indonesia adalah :
a.       Pithecantropus Erectus
b.      Meganthropus Paleo Javanicus
c.       Homo Soloensis
d.      Homo Wajakensis
5.      Masa berburu memiliki ciri ciri :
a.       Bergantung pada alam
b.      Hidup tidak menetap
c.       Mengumpulan makanan
Masa Ladang Berpindah ciri-cirinya :
                   a.   Hidup semi menetap
       b.   Sudah mengenal cocok tanam


                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Samsudin, S.Pd
NIP,

I.       Penilaian
      1. Teknik Penilaian:
           a.  Tes Tulis.
           b.  Tes unjuk kerja.
      2.Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Uji petik kerja produk
3.Soal/instrumen:
Tes uraian :
             1.  Apa yang dimaksud masa pra aksara?
             2.  Jelaskan pengertian fosil ?
3.   Sebutkan 2 jenis sumber utama jaman pra aksara ?
4.   Sebutkan 4 jenis manusia purba yang hidup di Indonesia ?
5.   jelaskan perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?

Uji petik kerja produk :
-          Buatlah suatu tulisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, apakah manusia purba atau yang berasal dari Yunan !


Kunci Jawaban :
6.      Jaman Sebelum manusia mengenal tulisan
7.      Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah tertimbun di dalam tanah dan telah membatu.
8.      umber utama jaman pra aksara adalah : Fosil, dan Artefak
9.      Jenis manusia purba yang hidup di Indonesia adalah :
a.       Pithecantropus Erectus
b.      Meganthropus Paleo Javanicus
c.       Homo Soloensis
d.      Homo Wajakensis
10.  Masa berburu memiliki ciri ciri :
a.       Bergantung pada alam
b.      Hidup tidak menetap
c.       Mengumpulan makanan
Masa Ladang Berpindah ciri-cirinya :
                   a.   Hidup semi menetap
       b.   Sudah mengenal cocok tanam






                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi




Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,         Juli 2011
Guru Mapel  IPS




Teguh PW, S.Pd
NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor  : 05

SMP
:
SMP Negeri 1 Dukuhturi
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 1
Alokasi Waktu
:
4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)


A.  Standar Kompetensi         :
      1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

B.   Kompetensi Dasar                       :
      1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia

C.  Tujuan Pembelajaran   :
           Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.   Menyebutkan jenis-jenis peninggalan manusia purba di Indonesia untuk menumbuhkan rasa        cinta tanah air.
2.   Menyebutkan contoh tradisi megalithikum di Indonesia untuk menumbuhkan rasa  cinta tanah        air.
3.    Menjelaskan kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia untuk menumbuhkan         rasa ingin tahu.
4.    Membedakan kebudayaan melayu tua dan melayu muda untuk menumbuhkan rasa   cinta        tanah air.

D.   Materi Pembelajaran
1.      Jenis peninggalam masa pra aksara di Indonesia.
2.      Contoh tradisi megalithikum di Indonesia
3.      Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
4.      Kebudayaan melayu muda dan melayu tua

E.  Metode  dan Model Pembelajaran
1.      Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab
2.      Model Pembelajaran   : Cooperative Learning

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
      1.Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.       Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.  Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
b.  Elaborasi :
Ø  Menyampaikan materi dengan penayangan LCD
Ø  Mengadakan Tanya jawab
Ø  Mendemonstrasikan proses kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia.
c.  Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil demonstrasi
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerjanya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran

5 Menit




20 Menit




5 Menit

Tanya jawab, demonstrasi
3.
Penutup :
a.         Menyimpulkan materi yang telah disampaikan guru
b.         Mengadakan penilaian
c.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

      Pertemuan   2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.

Pendahuluan :
a.         Guru mengajukan pertanyaan untuk penjajagan pengetahuan awal siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan,
b.         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan,
c.         Guru menjelaskan pokok-pokok materi yang akan disajikan.

5 Menit

Tanya Jawab, Ceramah
2.
Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi :
·         Guru Menyiapkan pendekatan yang akan digunakan untuk pembelajaran
·         Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
·         Memfasilitasi siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi.

f.       Elaborasi :
Ø  Memotivasi siswa untuk membentuk kelompok diskusi, Siswa dibagi dalam empat kelompok.
Ø  Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan tentang
Ø  Kelompok 1 :  Jenis-jenis Peninggalan manusia purba di                         Indonesia
Ø  Kelompok 2 :  Perkembangan tradisi atau                          kebudayaan megalithikum                          di Indonesia
Ø  Kelompok 3 :  Proses kedatangan nenek                          moyang bangsa Indonesia
Ø  Kelompok 4 :  Persebaran kebudayaan nenek moyang bangsa Indonesia yaitu jaman melayu muda dan tua
Ø  Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.
Ø  Tanya jawab tentang perbedaannya hasil kerja kelompok

g.       Konfirmasi :
Ø  Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
Ø  Memfasiliasi siswa untuk melakukan refleksi atas hasil kerja kelompoknya
Ø  Memotivasi siswa yang masih belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran.


5 Menit







20 Menit

















5 Menit

Diskusi Kelompok
3.
Penutup :
a.       Menyimpulkan hasil diskusi
b.      Mengadakan penilaian
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5 Menit

Ceramah, Tanya Jawab

G.   Sumber dan Media Pembelajaran :
1.      Sumber Pembelajaran  :
a.       Buku IPS Sejarah Kelas VII
b.      Buku IPS Kelas VII
2.      Media Pembelajaran    :
a.       LCD
b.      Peta perjalanan nenek moyang bangsa Indonesia


H.  Penilaian
      1.   Teknik Penilaian             : Tes Tertulis
           
      2.   Bentuk Instrumen            : Pilihan Ganda
3.   Soal/instrumen                    :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang ( X ) di depan huruf ; a, b, c, atau d yang kamu anggap paling benar !
1.   Ciri-ciri masyarakat pra aksara adalah, kecuali:
a. Tidak mengenal tulisan
b. Hidup secara nomaden
c. Tidak memiliki kebudayaan
d. Hidup bergantung pada alam
2.   Fosil adalah:
a. Peninggalan sejarah yang telah membatu
b. Sisa tengkorak manusia purba
c. Sisa-sisa kebudayaan masyarakat pra aksara
d. Tanda-tanda kehidupan masyarakat pra aksara
3.   Zaman batu dibagi menjadi beberapa zaman. Zaman batu yang tertua  disebut:
a. Megalithcum
b. Mesolithicum
c. Neolithicum
d. Palaelithicum
4.   Pithecanthropus Erectus merupakan salah satu jenis manusia purba yang ditemukan di:
a. Ngandong
b. Wajak
c. Trinil
d. Sangiran
5.   Dolmen dan menhir merupakan peninggalan kebudayaan dari zaman:
a. Batu tua
b. Batu tengah
c. Batu muda
d. Batu besar
6.   Zaman logam di Indonesia dimulai pada:
a. Zaman Tembaga
b. Zaman Perunggu
c. Zaman Besi
d. Zaman Megalitikum
7.   Masyarakat pra aksara hidup secara nomaden. Nomaden artinya:
a. Bergantung pada alam
b. Berpindah dari satu tempat ke tempat lain
c. Mengumpulkan bahan makanan
d. Berburu binatang
8.   Manusia purba yang hidup di Indonesia yang paling tua adalah jenis … .
       a.  Pithecantropus Erectus
       b. Meganthropus Paleo Javanicus
       c. Homo Soloensis
       d. Homo Wajakensis
9.    Peti kubur batu yang berbentuk lesung dan terdiri atas dua keping yang ditangkupkan        disebut … .
       a.  Waruga
       b.  Sarkofagus
       c.   Punden berundak
       d.  Peti Kubur Batu
10.  Homo Sapiens mempunyai arti … .
       a.   Manusia purba
       b.   Manusia modern
       c.    Manusia cerdas
       d.   Manusia hutan
  

Kunci Jawaban
1.                  C
2.                  A
3.                  D
4.                  C
5.                  C
6.                  A

0 komentar:

Poskan Komentar