Selasa, 20 Maret 2012

KISI - KISI SOAL UJIAN SEKOLAH



KISI- KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

SATUAN PENDIDIKAN         : SMP N 1 DUKUHTURI        ALOKASI WAKTU     : 120 MENIT ( 50 SOAL )
 MATA PELAJARAN             : IPS TERPADU                   JUMLAH SOAL         : 20 PILIHAN GANDA
KELAS / SEMESTER             : IX (SEMBILAN)                TAHUN PELAJARAN            : 2011 / 2012
KOMPETENSI  DASAR
Kelas/ SMT
INDIKATOR SOAL
BENTUK
SOAL
Mendiskripsikan keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
VII/1
Dapat mengidentifikasi jalur pegunungan lipatan yang termasuk Sirkum Mediterania.
PG
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra – aksara di Indonesia
VII/1
Dapat menyebutkan jenis manusia Jawa tertua sebagai pendukung zaman batu

PG
Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
VII/1
Dapat menyebutkan syarat terbentuknya interaksi sosial

PG
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
VII/1
Dapat mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang paling mendasar yang dihadapi manusia.


PG
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
VII/2
Disajikan data dalam table tentang komponen peta, siswa dapat menunjukkan persyaratan peta agar sesuai dengan kaidah – kaidah kartografis.


PG
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
VII/2
Disajikan Peta Indonesia, siswa dapat menemutunjukkan garis yang merupakan batas antara fauna Indonesia Barat dan fauna Indonesia Tengah.


PG
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu – Budha, serta peninggalan – peninggalannya.
VII/2
Dapat menyebutkan sumber sejarah yang penting mengenai Kerajaan Majapahit.




PG
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan – peninggalannya.
VII/2
Dapat mengidentifikasi tujuan didirikannya VOC ( Vereenigde Oost Indische Compagnie ).




PG
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang / jasa.
VII/2
Dapat menjelaskan tujuan manusia melakukan kegiatan konsumsi.


PG
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
VII/2
Dapat mengidentifikasi ciri – ciri pokok orang kreatif.


PG
Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
VIII/1
Dapat menyebutkan rumpun ras penduduk Indonesia


PG
Mendiskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
VIII/1
Dapat menjelaskan ciri utama pembangunan berwawasan lingkungan
ES
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
VIII/1
Dapat menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah erosi pada lahan miring
PG
Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
VIII/1
Dapat mengidentifikasi situasi politik di Eropa yang berpengaruh terhadap perubahan pemerintahan Kolonial Belanda di Indonesia pada akhir abad ke – 19
PG
Mengidentifikasi berbagai penyakit social ( miras, judu, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya ) sebagai akibat penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
VIII/1
·         Dapat mengidentifikasi pengertian penyimpangan social
·         Dapat menyebutkan contoh tindakan penyimpangan perilaku individu yang menyangkut moral dan norma kesusilaan.

PG

PG


Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
VIII/1
Dapat mengidentifikasi factor – factor eksternal yangmempengaruhi kebutuhan seseorang
PG
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
VIII/1
Dapat megidentifikasi jenis – jenis pasar berdasarkan bentuk / strukturnya
PG
Mendeskripsikan peristiwa – peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya NKRI
VIII/2
Dapat menyebutkan peran salah satu tokoh pemuda dalam rangkaian peristiwa proklamasi
PG
Menjelaskan bentuk – bentuk hubungan sosial
VIII/2
Dapat mengidentifikasi fungsi pranta social dalam kehidupan masyarakat
PG
Mendeskripsikan pelaku – pelaku ekonomi dalam system perekonomian Indonesia
VIII/2
Dapat mengidentifikasi factor internal yang mempengarhi system ekonomi suatu negara
PG
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam system perekonomian nasional
VIII/2
Mengidentifikasi salah satu fungsi pajak
PG
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
VIII/2
Dapat menyebutkan etika ekonomi dalam permintaan
PG
Mengidentifikasi cirri – cirri negara berkembangan dan negara maju
IX / 1
Dapat mengidentifikasi negara – negara yang tergolong sebagai negara maju
PG
Mendiskripsikan Perang Dunia II ( termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan social, ekonomi, dan politik di Indonesia.
IX / 1
·      Dapat menyebutkan nama pangeran Austria yang terbunuh sebagai penyebab khusus terjadinya Perang Dunia I
·      Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan social di Indonesia
·      Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia terhadap keadaan politik di Indonesia
·      Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan ekonomi di Indonesia
PG

PG

PG
Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
IX / 1
·      Dapat mengidentifikasi hasil Konferensi Meja Bundar
·      Dapat menyebutkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959
PG

Es
Mendeskripsikan perubahan social – budaya pada masyarakat
IX / 1
·      Dapat menyebutkan factor eksternal yang dapat menyebabkan perubahan social
·      Dapat menyebutkan urutan tahapan yang benar tentang proses adopsi ide – ide baru dalam masyarakat
PG

PG
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
IX / 1
·      Disajikan data fungsi Uang, siswa dapat mengidentifikasi fungsi asli uang
·      Dapat mengidentifikasi salah satu prinsip yang diberlakukan pada bank syariah
PG

PG
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
IX / 1
·      Dapat mengidentifikasi factor – factor pendorong perdagangan internasional
·      Dapat menghitung besar uang asing ( dollar ) dengan mengguna kurs
PG

PG
Menginterprestasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi
IX / 2
·      Disajikan data bentuk – bentuk muka bumi, siswa dapat mengidentifikasi relief dasar laut
·      Dapat menyebutkan contoh daerah di Indonesia yang bukan merupakan bagian dari daratan Asia maupun Australia
·      Disajikan peta wilayah Indonesia, siswa dapat menunjukkan daerah di Indonesia yang merupakan bagian dari dangkalan sunda
PG

PG


PG
Mendeskripsikan keterkaitan unsur – unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
IX / 2
·      Dapat menyebutkan ras suku bangsa Melayu yang merupakan penduduk Asia Tenggara
·      Disajikan peta wilayah negara Singapura, siswa dapat menunjukkan daerah pusat industry Singapura
PG

PG
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
IX / 2
·      Dapat menyebutkan perairan laut yang memisahkan Benua Asia dan Afrika
·      Dapat menyebutkan karakteristik samudera Arktik
PG

Es
Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
IX / 2

PG
Mendeskripsikan peristiwa tragedy nasional ( peristiwa Madiun / PKI, DI /TII, G.30 S/ PKI, dan konflik – konflik internasional lainnya
IX / 2

PG
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
IX / 2
Dapat menyebutkan masa berakhirnya orde baru dan lahirnya Reformasi
PG
Menguraikan perkembangan lembaga – lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
IX / 2
Dapat menyebutkan peran Indonesia dalam dunia internasional
PG
Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan social – budaya di era global
IX / 2
Dapat menyebutkan contoh perilaku masyarakat dalam prubahan social – budaya di era global
PG
Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
IX / 2
Dapat menyebutkan contoh kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.
PG
Mengidentifikasi kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
IX / 2
Dapat menyebutkan dampak kerjasama antarnegara
PG




0 komentar:

Posting Komentar