REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KKM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Dukuhturi |
|
| Kelas/Semester : IX / 1 dan 2 |
|
Mata Pelajaran : IPS Terpadu |
|
| Tahun Pelajaran : 2011/2012 |
|
| | |
|
|
|
|
|
|
No | Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar/Indikator | Penentuan KKM dari Faktor | Jumlah | KKM |
|
Urut | SK/KD | Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Akhir |
|
| | SEMESTER 1 | | | | | |
|
| | | | | | | |
|
1 | 1 | Memahami Kondisi Perkembangan Negera di Dunia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 1.1. | Mendiskripsikan Ciri-Ciri Negara Berkembang dan Negara Maju | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan negara berkembang beserta alasannya.
| 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 1.2. | Mendiskripsikan perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan social, ekonomi, dan politik di Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menggambarkan Secara kronologis Perang Dunia II | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi Perang Dunia II di asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi, sosialdan pergerakan kebangsaan Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 1 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | |
|
2 | 2 | Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 2.1. | Mengidentifikasi usaha perjuarigan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Melacak atifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi faktor- faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 2.2. | Mendiskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan alasan dikeluarkanya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dan pengaruh yang ditimbulkannya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat-daerah , persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun !960-an | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 2 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | | |
3 | 3 | Memahami Perubahan Sosial Budaya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 3.1. | Mendiskripsikan perubahan sosial budaya pada masyarakat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menguraikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan sosial. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi penyebab perubahan sosial budaya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 3.2. | Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasin tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberi contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 3 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | |
|
4 | 4 | Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional | 68.5 | | | | |
|
| 4.1. | Mendiskripsikan Uang dan Lembaga Keuangan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang dan pengertian uang | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan) | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral ) | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan nilai mata uang ( nilai intrinsik, nilai nominal, nilai internal dan nilai eksternal ) | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan mata uang asing | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan nilai kurs mata uang ( kurs jual, kurs beli dan kurs tengah ) serta manfaatnya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Melakukan kegiatan praktek jual/beli valuta asing | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan pengertian bank dan sejarah terjadinya bank | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi azas, prinsip, fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendiskripsikan jenis-jenis bank serta tugas pokoknya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi produk-produk bank | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Melakukan kegiatan menabung di bank | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank (pegadaian, asuransi, lembaga pensiun, koperasi simpan pinjam ) bagi peningkatan kesejahteraaan rakyat banyak | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Membuat daftar contoh lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah dan milik swasta nasional maupun swasta asing | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Melakukan kegiatan survey pada asuransi tentang produk-produk asuransi atau di pegadaian tentang jenis-jenis barang yang bisa digadaikan | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 4.2. | Mendiskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terdadap perekonomian Indonesia | 70 | 70 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi komoditi ekspor/impor Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan pengertian dan fungsi dan jenis-jenis devisa , serta mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 4 | 67.1153846 | 72.8846154 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | |
|
| | SEMESTER 2 | | | | | |
|
| | | | | | | |
|
5 | 5 | Memahami Hubungan Manusia Dengan Bumi | 67 | 73 | 70 | 209.7692 | 70 |
|
| 5.1 | Menginterpretasikan Peta tentang Bentuk dan Pola Muka Bumi | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 5.2 | Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Penyajikan informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberikan contoh barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 5.3 | Mendeskripsikan Pembagian Permukaan Bumi atas Benua dan Samudera | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan proses pembentukan benua. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan informasi tentang posisi benua-benua dan samudera. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Membaca buku sumber tentang fungsi samudera. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 5 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | |
|
6 | 6 | Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 6.1 | Mendiskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) untuk merebut Irian Barat. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendiskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera) | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 6.2 | Mendiskripsikan Peristiwa Tragedi Nasional Peristiwa Madiun/PKI DI TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendiskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendeskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penaggulangannya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mengidentifikasi keadaan politik ,ekonomi, sosial ,dan budaya sebelum terjadinya peristiwaG.30 S/PKI | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendiskripsikan terjadinya perstiwa G 30S/PKIdan cara penumpasannya | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 6 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | | | | | | |
|
7 | 7 | Memahami Perubahan Pemerintahan dan Kerjasama Internasional | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 7.1 | Menjelaskan Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menyusun kronologi dan dan mendiskripsikan peristiwa –peristiwa politik penting pada masa Orde Baru | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendiskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 7.2 | Menguraikan Perkembangan Lembaga-lembaga Internasinal dan Peran Indonesia dalam Kerja Sama Internasional. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendiskripsikan peran Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendiskripsikan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 7.3 | Menguraikan Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di era global. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Mendeskripsikan dampak globalisi terhadap masyarakat. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | . Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 7.4 | Mendeskripsikan Kerjasama antar Negara di bidang Ekonomi | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| 7.5 | Mengidentifikasi Dampak Kerjasama antar Negara terhadap Perekonomian Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | · Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia. | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
| | Rata-Rata KKM SK 7 | 67 | 73 | 70 | 210 | 70 |
|
KKM Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 | 25619.77 | 70 |
|
|
|
| | | | | | | |
|
|
|
|
|
| Dukuhturi, 2 Januari 2012 |
|
|
|
| Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi |
|
| Guru Mata Pelajaran IPS, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Drs. Alfatah, M.Pd |
|
| Mohamad Tarjono, S.Pd |
|
|
| NIP. 19670913 199512 1 003 |
|
| NIP. 19660831 199412 1 004 |
|
0 komentar:
Posting Komentar