KISI- KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 1 DUKUHTURI
MATA PELAJARAN : IPS TERPADU
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT UNTUK 50 SOAL
JUMLAH SOAL : 20 PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN : IPS TERPADU
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT UNTUK 50 SOAL
JUMLAH SOAL : 20 PILIHAN GANDA
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | Kelas/ SMT | INDIKATOR SOAL | BENTUK SOAL | Kriteria Soal | NOMOR SOAL | SKOR | BOBOT |
Memahami lingkungan kehidupan manusia | Mendiskripsikan keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan | VII/1 | Dapat mengidentifikasi jalur pegunungan lipatan yang termasuk Sirkum Mediterania. | PG | Md | 1 | 1 | 1 |
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra – aksara di Indonesia | VII/1 | Dapat menyebutkan jenis manusia Jawa tertua sebagai pendukung zaman batu | PG | Md | 2 | 1 | 1 | |
Memahami kehidupan social manusia | Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial | VII/1 | Dapat menyebutkan syarat terbentuknya interaksi sosial | PG | Md | 3 | 1 | 1 |
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan | Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan | VII/1 | Dapat mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang paling mendasar yang dihadapi manusia. | PG | Sd | 4 | 1 | 1 |
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya | Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan. | VII/2 | Disajikan data dalam table tentang komponen peta, siswa dapat menunjukkan persyaratan peta agar sesuai dengan kaidah – kaidah kartografis. | PG | Sk | 5 | 1 | 1 |
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk | VII/2 | Disajikan Peta Indonesia, siswa dapat menemutunjukkan garis yang merupakan batas antara fauna Indonesia Barat dan fauna Indonesia Tengah. | PG | Sd | 6 | 1 | 1 | |
Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Budha sampai masa Kolonial Eropa | Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu – Budha, serta peninggalan – peninggalannya. | VII/2 | Dapat menyebutkan sumber sejarah yang penting mengenai Kerajaan Majapahit. | PG | Sk | 7 | 1 | 1 |
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan – peninggalannya. | VII/2 | Dapat mengidentifikasi tujuan didirikannya VOC ( Vereenigde Oost Indische Compagnie ). | PG | Sd | 8 | 1 | 1 | |
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat | Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang / jasa. | VII/2 | Dapat menjelaskan tujuan manusia melakukan kegiatan konsumsi. | PG | Sd | 9 | 1 | 1 |
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | VII/2 | Dapat mengidentifikasi ciri – ciri pokok orang kreatif. | PG | Sd | 10 | 1 | 1 | |
Memahami permasalahan social berkaitan dengan pertumbuhan penduduk | Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk | VIII/1 | Dapat menyebutkan rumpun ras penduduk Indonesia | PG | Md | 11 | 1 | 1 |
Mendiskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan | VIII/1 | Dapat menjelaskan cirri utama pembangunan berwawasan lingkungan | ES | Sd | 46 | 3 | 3 | |
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan | VIII/1 | Dapat menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah erosi pada lahan miring | PG | Sd | 12 | 1 | 1 | |
Memahami proses kebangkitan nasional | Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia | VIII/1 | Dapat mengidentifikasi situasi politik di Eropa yang berpengaruh terhadap perubahan pemerintahan Kolonial Belanda di Indonesia pada akhir abad ke – 19 | PG | Sk | 13 | 1 | 1 |
Memahami masalah penyimpangan sosial | Mengidentifikasi berbagai penyakit social ( miras, judu, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya ) sebagai akibat penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat | VIII/1 | Dapat mengidentifikasi pengertian penyimpangan sosial | PG | Md | 14 | 1 | 1 |
Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat | Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas | VIII/1 | 15 | |||||
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat | VIII/1 | 16 | ||||||
Memahami usaha persiapan kemerdekaan | Mendeskripsikan peristiwa – peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya NKRI | VIII/2 | 17 | |||||
Memahami pranata dan penyimpangan sosial | Menjelaskan bentuk – bentuk hubungan sosial | VIII/2 | 18 | |||||
Memahami kegiatan perekonomian masyarakat | Mendeskripsikan pelaku – pelaku ekonomi dalam system perekonomian Indonesia | VIII/2 | 20 | |||||
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam system perekonomian nasional | VIII/2 | 21 | ||||||
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar | VIII/2 | 22 | ||||||
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia | Mengidentifikasi cirri – cirri negara berkembangan dan negara maju | IX / 1 | Dapat mengidentifikasi negara – negara yang tergolong sebagai negara maju | PG | Md | 23 | ||
Mendiskripsikan Perang Dunia II ( termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan social, ekonomi, dan politik di Indonesia. | IX / 1 | · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan social di Indonesia · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia terhadap keadaan politik di Indonesia · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan ekonomi di Indonesia | PG PG PG | Sd Sd Sd | 24 25 26 | |||
Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan | Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | IX / 1 | · Dapat mengidentifikasi hasil Konferensi Meja Bundar · Dapat menyebutkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 | PG Es | Sd Sd | 27 47 | ||
Memahami perubahan social budaya | Mendeskripsikan perubahan social – budaya pada masyarakat | IX / 1 | · Dapat menyebutkan factor eksternal yang dapat menyebabkan perubahan social · Dapat menyebutkan urutan tahapan yang benar tentang proses adopsi ide – ide baru dalam masyarakat | PG PG | Sd Sd | 26 | ||
Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional | Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan | IX / 1 | · Disajikan data fungsi Uang, siswa dapat mengidentifikasi fungsi asli uang · Dapat mengidentifikasi salah satu prinsip yang diberlakukan pada bank syariah | PG PG | Md Md | 28 29 | ||
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia | IX / 1 | · Dapat mengidentifikasi factor – factor pendorong perdagangan internasional · Dapat menghitung besar uang asing ( dollar ) dengan mengguna kurs | PG PG | Sd Sk | 30 31 | |||
Memahami hubungan manusia dengan bumi | Menginterprestasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi | IX / 2 | · Disajikan data bentuk – bentuk muka bumi, siswa dapat mengidentifikasi relief dasar laut · Dapat menyebutkan contoh daerah di Indonesia yang bukan merupakan bagian dari daratan Asia maupun Australia · Disajikan peta wilayah Indonesia, siswa dapat menunjukkan daerah di Indonesia yang merupakan bagian dari dangkalan sunda | PG PG PG | Sd Sd Sk | 32 34 35 | ||
Mendeskripsikan keterkaitan unsur – unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara | IX / 2 | · Dapat menyebutkan ras suku bangsa Melayu yang merupakan penduduk Asia Tenggara · Disajikan peta wilayah negara Singapura, siswa dapat menunjukkan daerah pusat industry Singapura | PG | 36 37 | ||||
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera | IX / 2 | · Dapat menyebutkan perairan laut yang memisahkan Benua Asia dan Afrika · Dapat menyebutkan karakteristik samudera Arktik | PG Es | 38 48 | ||||
Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia | Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat | IX / 2 | PG | 39 | ||||
Mendeskripsikan peristiwa tragedy nasional ( peristiwa Madiun / PKI, DI /TII, G.30 S/ PKI, dan konflik – konflik internasional lainnya | IX / 2 | 40 | ||||||
Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional | Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi | IX / 2 | Dapat menyebutkan masa berakhirnya orde baru dan lahirnya Reformasi | 41 | ||||
Menguraikan perkembangan lembaga – lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional | IX / 2 | Dapat menyebutkan peran Indonesia dalam dunia internasional | 42 | |||||
Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan social – budaya di era global | IX / 2 | Dapat menyebutkan contoh perilaku masyarakat dalam prubahan social – budaya di era global | 43 | |||||
Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi | IX / 2 | Dapat menyebutkan contoh kerjasama antarnegara di bidang ekonomi. | 44 | |||||
Mengidentifikasi kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia | IX / 2 | Dapat menyebutkan dampak kerjasama antarnegara | 45 | |||||
0 komentar:
Posting Komentar