SMP Kabupaten Tegal
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
Menggunakan
peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
2.
Membuat
sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
3.
Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
4.
Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan
5.
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha
serta peninggalannya
6.
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam di
Indonesia serta peninggalannya
7.
Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan
|
1. Siswa dapat menyebutkan
unsur-unsur peta
2. Siswa dapat
mengidentifikasi jenis-jenis peta
3. Siswa dapat menentukan
skala peta
4. Siswa dapat
mengidentifikasi jensi simbol
5. Siswa dapat menjelaskan
kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
6. Siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis adaptasi
7. Siswa dapat menyebutkan
pola permukimman penduduk
8. Siswa dapat menyebutkan
lapisan-lapisan atmosfer
9. Siswa dapat menyebutkan
gas yang terdapat dalam udara
10. Siswa dapat menjelaskan
pengertian amplitudo suhu harian
11. Siswa dapat menjelaskan
proses terjadinya hujan orografis
12. Siswa dapat menyebutkan
jenis angin yang dapat menimbulkan kerugian
13. Siswa dapat menyebutkan
jenis sungai menurut sumber airnya
14. Siswa dapat menjelaskan
jenis danau menurut proses terjadinya
15. Siswa dapat menyebutkan
wilayah laut menurut kedalamannya
16. Siswa dapat menjelaskan
kasta-kasta dalam masyarakat Hindu
17. Siswa dapat
mengidentifikasi Dewa-Dewa yang termasuk dalam Tri Murti
18. Siswa dapat menyebutkan
peninggalan kerajaan Kutai
19. Siswa dapat menyebutkan
peninggalan kerjaaan Mataram Hindu
20. Siswa dapat menjelaskan
bukti masuknya agama Islam ke Indonesia
21. Siswa dapat menyebutkan
kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa
22. Siswa dapat menyebutkan
peninggalan sejarah bercorak Islam di bidang sastra
23. Siswa dapat menjelaskan
perbedaan cuaca dan iklim
24. Siswa dapat menyebutkan
manfaat danau bagi kehidupan manusia
25. Menguraikan kedatangan
bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia, dan
daerah-daerah yang didatangi.
26. Menguraikan proses masuknya
bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
27. Mengidentifikasi cara- cara
yang digunakan bangsa Eropa untuk
mencapai tujuan penjelajahan samudera
28. Mengidentifikasi reaksi
bangsa Indonesia berupa perlawanan-perlawanan terhadap bangsa Eropa
29. Mendeskripsikan
bentuk penggunaan lahan kaitannya dengan bentuk muka bumI
30. Mendeskripsikan
kegiatan Pertanian
31. Mendeskripsikan
kegiatan industri dan perdagangan.
32. Mendeskripsikan kegiatan
konsumsi berkaitan dengan faktor-faktor yang
mempengaruhinya
33. Mendeskripsikan
kegiatan produksi berkaitan dengan nilai guna dan faktor produksi
34. Mendeskripsikan
sistem distribusi
35. Mendeskripsikan pengertian dari berbagai
jenis BUMS’
36. Mendeskripsikan tujuan BUMN
37. Mendeskripsikan hal-hal
yang berkaitan dengan kreatifitas
38. Mendeskripsikan pelestarian
lahan
39. Mendeskripsikan kegiatan
produksi berkaitan dengan faktor-faktornya
40. Mendeskripsikan sikap
kemandirian dalam kehidupan
|
0 komentar:
Posting Komentar