KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS |
TAHUN PELAJARAN
2011 / 2012 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) |
|
Jumlah Soal |
: 50 butir |
|
|
|
Kelas |
: VIII ( Delapan ) |
|
Bentuk Soal |
: a.
Pilihan Ganda : 45 butir |
|
Alokasi Waktu |
: 90 Menit |
|
|
|
b. Uraian : 5 butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
JUMLAH |
NOMOR |
BENTUK |
RANAH |
TK |
SOAL |
SOAL |
SOAL |
|
KESLT |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
1 |
5.2.Menjelaskan Proses persiapan |
Alasan Jepang membentuk BPUPKI |
1. Megidentifikasikan badan-badan yang
dibentuk |
|
|
|
|
|
|
Kemerdekaan
Indonesia |
|
oleh Jepang
menjelang Proklamasi Kemerdekaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
Republik Indonesia |
1 |
1 |
PG |
C2 |
Mudah |
|
|
|
2. Menyebutkan jenis-jenis propaganda Jepang |
|
|
|
|
|
|
|
|
terhadap bangsa
Indonesia |
1 |
2 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
3. Mengidentifikasikan tujuan Jepang ke Indonesia |
1 |
3 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
5.1. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa |
Perbedaan perspektif antar kelompok |
1. Mengidentifikasikan proses terjadinya peristiwa |
|
|
|
|
|
|
sekitar
proklamasi dan proses ter- |
sekitar proklamasi kemerdekaan RI |
Renggasdengklok |
1 |
4 |
PG |
C3 |
Sulit |
|
bentuknya negara
kesatuan RI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kronologi proklamasi kemerdekaan |
2. Mengidentifikasi peranan tokoh penting seputar |
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia |
Proklamasi
Kemerdekaan RI |
3 |
5, 6, 7 |
PG |
C2 |
Mudah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyebaran berita Proklamasi |
1. Mengidentifikasikan proses penyebarluasan |
|
|
|
|
|
|
|
kemerdekaan melalui berita radio, |
berita Proklamasi
Kemerdekaan RI |
2 |
8, 9 |
PG |
C2 |
Mudah |
|
|
Pamlet, Sebaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Proses terbentuknya negara
dan |
1. Mengidentifikasikan proses terbentuknya alat |
|
|
|
|
|
|
|
pemerintah Republik Indonesia dengan |
perlengkapan negara |
1 |
10 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
sidang PPKI |
2. Mengidentifikasikan syarat terbentuknya suatu |
|
|
|
|
|
|
|
|
negara |
1 |
11 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dukungan dari berbagai daerah berupa |
1. Menyebutkan salah satu tindakan heroik di daerah |
|
|
|
|
|
|
|
dukungan spontan dan tindakan heroik |
terhadap dukungan
kemerdekaan RI |
1 |
12 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
dari berbagai daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
JUMLAH |
NOMOR |
BENTUK |
RANAH |
TK |
SOAL |
SOAL |
SOAL |
|
KESLT |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
3 |
6.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk |
Bentuk-bentuk hubungan sosial. |
1. Mengidentifikasikan bentuk-bentuk
hubungan |
|
|
|
|
|
|
hubungan sosial |
|
sosial |
1 |
13 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
|
Faktor-faktor pendorong terjadinya |
|
|
|
|
|
|
|
|
hubungan sosial |
2. Menjelaskan faktor terjadinya hubungan sosial |
2 |
14, 15 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dampak-dampak hubungan sosial. |
3. Menjelaskan dampak negatif adanya hubungan |
|
|
|
|
|
|
|
|
sosial |
1 |
16 |
PG |
C4 |
Sulit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam |
Pengertian pranata sosial. |
1. Menjelaskan ciri-ciri umum pranata sosial |
1 |
17 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
kehidupan
masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi pranata sosial |
2. Mengidentifikasi fungsi pranata sosial. |
1 |
18 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jenis-jenis pranata sosial |
3. Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial. |
1 |
19 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
6.3. Mendeskripsikan pengendalian |
Jenis pengendalian penyimpangan |
1. Mengidentifikasi jenis dan bentuk pengendalian |
|
|
|
|
|
|
Penyimpangan
Sosial |
sosial ( Preventif dan Represif ) |
penyimpangan sosial |
3 |
20, 21, 22 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peran lembaga-lembaga pengendalian |
2. Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian. |
|
|
|
|
|
|
|
sosial |
sosial |
1 |
23 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
7.1. Mendeskripsikan permasalahan |
Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja |
1. Menguraikan permasalahan tenaga kerja |
3 |
24, 25, 26 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
angkatan kerja
dan tenaga kerja |
dan kesempatan kerja |
|
|
|
|
|
|
|
sebagai sumber
daya dalam kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
ekonomi serta peranan pemerintah |
Hubungan antara jumlah penduduk, |
1. Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk |
1 |
27 |
PG |
C3 |
Sulit |
|
dalam upaya penanggulangannya. |
angkatan kerja, kesempatan kerja dan |
angkatan kerja, kesempatan kerja dan |
|
|
|
|
|
|
|
pengangguran |
pengangguran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Permasalahan tenaga kerja Indonesia. |
1. Mengidentifikasi permasalahan dasar yang |
1 |
28 |
PG |
C3 |
Sulit |
|
|
|
berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peranan pemerintah dalam mengatasi |
1. Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam |
1 |
29 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
masalah tenaga kerja di Indonesia |
mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
JUMLAH |
NOMOR |
BENTUK |
RANAH |
TK |
SOAL |
SOAL |
SOAL |
|
KESLT |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
7 |
7.2. Mendeskripsikan pelaku-pelaku |
Sistem perekonomian Indonesia |
1. Mendeskripsikan arti sistem
perekonomian |
1 |
30 |
PG |
C1 |
Sedang |
|
ekonomi dalam
sistem perekonomian |
|
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia. |
Pelaku-pelaku kegiatan perekonomi di |
1. Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam |
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia |
macam sistem ekonomi |
2 |
31, 32 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia |
1. Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian |
|
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia |
2 |
33, 34 |
PG |
C2 |
Sedang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kebaikan dan kelemahan sistem |
1. Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem |
|
|
|
|
|
|
|
perekonomian Indonesia |
perekonomian
Indonesia |
3 |
35, 36, 37 |
PG |
C2 |
Mudah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
7.3. Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam |
Pengertian pajak dan retribusi. |
1. Mendefinisikan pengertian pajak dan retribusi. |
2 |
38, 39 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
perekonomian
nasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi dan peranan pajak dalam |
1. Menjelaskan perbedaan pajak
pusat dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
kehidupan suatu negara |
pajak daerah |
1 |
40 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
7.4. Mendeskripsikan permintaan dan |
Pengertian dan faktor-faktor yang |
1. Mengidentifikasikan faktor yang mempengaruhi |
|
|
|
|
|
|
penawaran serta
terbentuknya |
mempengaruhi permintaan baran /jasa |
permintaan barang /
jasa |
1 |
41 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
harga pasar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penawaran pada barang
dan jasa |
1. Menjelaskan hubungan antara permintaan barang |
|
|
|
|
|
|
|
|
dan jasa dengan
harga barang / jasa. |
1 |
42 |
PG |
C3 |
Sulit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hukum Permintaan |
1. Mendefinisikan Hukum Permintaan. |
2 |
43, 44 |
PG |
C3 |
Sulit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengertian harga |
1. Mendefinisikan macam-macam harga |
1 |
45 |
PG |
C1 |
Mudah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS |
TAHUN PELAJARAN
2011 / 2012 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) |
|
Jumlah Soal |
: 50 butir |
|
|
|
Kelas |
: VIII ( Delapan ) |
|
Bentuk Soal |
: a.
Pilihan Ganda : 45 butir |
|
Alokasi Waktu |
: 90 Menit |
|
|
|
b. Uraian : 5 butir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
JUMLAH |
NOMOR |
BENTUK |
RANAH |
TK |
SOAL |
SOAL |
SOAL |
|
KESLT |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
1 |
5.1. Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa |
Dukungan dari berbagai daerah berupa |
1. Mengidentifikasikan faktor
pendorong pemuda |
|
|
|
|
|
|
sekitar
Proklamasi dan proses ter- |
dukungan spontan dan tindakan heroik |
melucuti senjata
tentara Jepang. |
1 |
46 |
Uraian |
C2 |
Sedang |
|
bentuknya negara
kesatuan RI |
dari berbagai daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam |
Jenis-jenis pranata sosial |
1. Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial. |
1 |
47 |
Uraian |
C2 |
Sedang |
|
kehidupan
masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
7.1. Mendeskripsikan permasalahan |
Permasalahan tenaga kerja Indonesia. |
1. Mengidentifikasi permasalahan mendasar tenaga |
|
|
|
|
|
|
angkatan kerja
dan tenaga kerja |
|
kerja di Indonesia. |
1 |
48 |
Uraian |
C3 |
Sulit |
|
sebagai sumber
daya dalam kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
ekonomi serta
peranan pemerintah |
|
|
|
|
|
|
|
|
dalam upaya
penanggulangannya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2. Mendeskripsikan
pelaku-pelaku |
Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia |
1. Mengidentifikasikan peran koperasi |
1 |
49 |
Uraian |
C2 |
Sedang |
|
ekonomi dalam sistem perekonomian |
|
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.4. Mendeskripsikan permintaan dan |
Keterkaitan antara penawaran dengan |
1. Menguraikan hukum penawaran |
1 |
50 |
Uraian |
C2 |
Sedang |
|
penawaran serta terbentuknya harga |
harga barang yang ditawarkan |
|
|
|
|
|
|
|
pasar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar