ANALISIS
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Dukuhturi Kelas
/Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun
Pelajaran : 2011/2012
NOMOR
|
INDIKATOR
|
ASPEK ANALISIS KKM
|
||||||||
URUT
|
SK
|
KD
|
ESENSIAL
|
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE SISWA
|
SDM GURU
|
JUMLAH RATA 2
|
||
1
|
4
|
4.1
|
· Membedakan peta, atlas, dan globe.
· Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
· Mengidentifikasi informasi geografis
dari peta, atlas dan globe.
· Mengartikan
berbagai skala.
· Memperbesar dan memperkecil peta dengan
bantuan garis-garis koordinat
|
75
75
70
65
65
|
70
70
70
75
75
|
65
65
70
65
65
|
70
70
70
75
75
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 4.
1
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
2
|
|
4.2
|
· Membuat sketsa wilayah dan obyek
geografi.
· Menentukan skala peta.
· Menentukan simbol-simbol geografi pada
peta.
|
70
65
70
|
70
70
70
|
70
75
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 4. 2
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
3
|
|
4.3
|
· Menjelaskan kondisi geografis suatu
wilayah pada peta.
· Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu
wilayah.
· Menjelaskan kaitan antara kondisi
geografis dengan keadaan penduduk.
|
80
70
70
|
70
70
70
|
60
70
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 4.3
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
4
|
4
|
4.4
|
· Menjelaskan sifat-sifat fisik atmosfer.
·
Menjelaskan cuaca dan iklim.
·
Menyebutkan tipe-tipe hujan (orografis,
zenithal, frontal).
·
Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan
ketinggian di atas permukaan air laut.
·
Menjelaskan proses terjadinya angin dan
memberikan contoh-contohnya.
· Menjelaskan siklus hidrologi dan
bagian-bagiannya.
· Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh
air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
· Menyebutkan zona laut menurut letak
(laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial,
abisal).
· Menjelaskan pengertian batas landas
kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan
menunjukkannya pada peta.
|
80
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
60
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 4.4
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
5
|
5
|
5.1
|
·
Menjelaskan
masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia
·
Menunjukkan
pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia
·
Mengidentifikasi
perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia
·
Menyebutkan
dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak
Hindu-Buddha di berbagai daerah
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 5.1
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
6
|
5
|
5.2
|
· Melacak proses masuk dan berkem-bangnya
agama Islam ke Indonesia
· Menjelaskan saluran-saluran Islamisasi
di Indonesia
· Menjelaskan cara yang digunakan oleh
Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.
· Membaca dan membuat peta jalur dan
daerah penyebaran Islam di Indonesia
· Menyusun kronologi perkembangan kerajaan
Islam di berbagai wilayah Indonesia
· Menyebutkan dan memberi contoh
peninggalan-peninggalan sejarah
bercorak Islam diberbagai
daerah
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 5.2
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
7
|
5
|
5.3
|
· Menguraikan proses masuknya
bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
· Menjelaskan cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai
tujuannya
· Menjelaskan reaksi bangsa Indonesia
terhadap bangsa Eropa.
· Menjelaskan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan
pemerintahan pada masa kolonial Eropa
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 5.3
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
8
|
6
|
6.1
|
· Mengidentifikasi mata pencaharian
penduduk (pertanian, non pertanian).
· Menjelaskan bentuk penggunaan lahan di
pedesaan dan perkotaan.
· Menjelaskankan pola permukiman penduduk
(mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
· Menjelaskankan persebaran (agihan)
permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih
bermukim di lokasi tersebut
· Menjelaskan kaitan anatara bentang lahan
dengan persebaran permukiman penduduk.
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK
KD 6.1
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
9
|
6
|
6.2
|
· Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi.
· Mendefinisikan pengertian konsumsi dan
jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga ( harian, mingguan dan bulanan ).
· Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.
· Menyebutkan aspek- aspek positif dan
negatif perilaku
konsumtif seseorang.
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
· Mendefinisikan pengertian produksi dan
sumber daya ekonomi
· Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
· Menjelaskan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam
kehidupan suatu usaha/bisnis
· Menyebutkan usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang industri dan
pertanian ) baik melalui
intensifikasi maupun ekstensifikasi
· Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
· Mengklasifikasi sistem distribusi
beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
· Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi
unsur keadilan dan pemerataan.
· Mendefinisikan pe ngertian usaha,
perusahaan dan badan usaha
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK
KD 6.2
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
10
|
6
|
6.3
|
· Mendeskripsikan macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan
usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
· Menjelaskan misi/tujuan badan usaha(milik negara/daerah, milik
swasta,koperasi)
· Mengidentifikasi beberapa
pertimbangan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
· Menyebutkan badan usaha yang dikelola secara profesional dan
manusiawi
· Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK
KD 6.3
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
11
|
6
|
6.4
|
· Mendefinisikan pengertian kreatif
dan proses kreatifitas dalam tindakan
ekonomi
· Mendefinisikan pengertian inovatif dan
manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari yang mampu mendorong
peningkatan kesejahteraan
· Mengidentifikasi proses kemandirian
dalam usaha meningkatkan kesejahteraan
· Berlatih mengerjakan sendiri dan
kreatifitas dan inovasi yang direncakan
· Memberi contoh jenis produk berupa
barang/ jasa dari sekitar tempat tinggal.
|
65
75
70
70
80
|
75
70
70
70
60
|
70
65
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
|
KKM UNTUK KD 6.4
|
|
|
|
|
|
70
|
||||
KKM UNTUK SEMESTER II
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|||
..........................., Januari
2012
Mengetahui,
Kepala SMP............................... Guru Mata Pelajaran,
...................................................
...................................................
NIP. ..........................................
NIP. ..........................................
ANALISIS
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
Nama Sekolah : SMP ............................... Kelas
/Semester : IX / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun
Pelajaran : 2011/2012
NOMOR
|
INDIKATOR
|
ASPEK ANALISIS KKM
|
||||||||
URUT
|
SK
|
KD
|
ESENSIAL
|
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE SISWA
|
SDM GURU
|
JUMLAH RATA 2
|
||
1
|
5
|
5.1
|
· Menganalisis
bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
· Membuat diagram/ penampang
melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
· Mendeskripsikan pola
dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.
|
75
75
70
|
70
70
70
|
75
75
75
|
70
70
70
|
70
70
75
|
72
72
72
|
|
KKM UNTUK KD 5.
1
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
2
|
5
|
5.2
|
· Menunjukkan letak
geografis kawasan Asia Tenggara.
· Menginterpretasi peta
untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
· Mendeskripsikan keadaan
iklim di kawasan Asia Tenggara.
· Mendeskripsikan sumber
daya alam di kawasan Asia Tenggara.
· Penyajikan informasi
data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di
kawasan Asia Tenggara.
· Memberikan contoh
barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.
· Memberikan contoh
bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
|
70
70
70
70
70
70
75
|
70
70
70
70
70
70
70
|
75
75
75
75
75
75
70
|
70
70
70
70
70
70
70
|
75
75
75
75
75
75
75
|
72
72
72
72
72
72
72
|
|
KKM UNTUK KD 5.
2
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
3
|
5
|
5.3
|
·
Mendeskripsikan proses pembentukan benua.
·
Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk
mendapatkan informasi tentang posisi
benua-benua dan samudera.
·
Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua.
·
Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan
benua.
·
Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi
tetang karakteristik masing-masing samudera.
·
Membaca buku sumber tentang fungsi samudera
|
80
70
75
75
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
70
75
75
75
75
70
|
70
70
70
70
70
70
|
70
75
75
75
75
75
|
72
72
73
73
72
71
|
|
KKM UNTUK KD 5.3
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
4
|
6
|
6.1
|
· Menguraikan latar belakang terjadinya
perjuangan mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi perjuangan diplomasi
dalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi perjuangan dengan
konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando
Rakyat (Trikora)
Untuk merebut Irian Barat
· Mendiskripsikan Persetujuan New York dan
pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
· Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat
rakyat (Pepera)
|
80
75
75
75
75
75
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
70
75
75
75
75
75
|
72
72
72
72
72
72
|
|
KKM UNTUK KD 6.1
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
5
|
|
6.2
|
· Menjelaskan dampak persoalan hubungan
pusat- daerah, persaingan ideologis,
dan pergolakan sosial-politik lainnya
terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an
· Mendiskripsikan terjadinya peristiwa
Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
dan konflik-konflik internal lainnya
· Mendeskripsikan terjadinya peristiwa
DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penaggulangannya
· Mengidentifikasi keadaan politik ,ekonomi, sosial ,dan budaya sebelum
terjadinya peristiwaG.30 S/PKI
· Mendiskripsikan terjadinya perstiwa G
30S/PKIdan cara penumpasannya
|
70
75
75
70
75
|
75
75
75
70
70
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
75
75
75
70
75
|
72
73
73
70
72
|
|
KKM UNTUK KD 6.2
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
6
|
7
|
7.1
|
· Menyusun kronologi dan dan
mendiskripsikan peristiwa –peristiwa politik penting pada masa Orde Baru
· Menggunakan data statistik untuk
menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru
· Mendiskripsikan berakhirnya Orde Baru
dan lahirnya Reformasi
|
75
70
75
|
70
75
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
75
75
75
|
72
72
72
|
|
KKM UNTUK KD 7.1
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
7
|
7
|
7.2
|
· Menguraikan secara kronologis Konferensi
Asia Afrika dan mendiskripsikan peran Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan
peran Indonesia
· Mendiskripsikan perkembangan keanggotaan
dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non
Blok dan peran Indonesia
|
75
75
75
70
|
70
70
70
70
|
70
70
75
70
|
70
70
70
70
|
75
75
70
75
|
72
72
72
72
|
|
KKM UNTUK KD 7.2
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
8
|
7
|
7.3
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi.
· Mendeskripsikan dampak globalisi
terhadap masyarakat.
· Menguraikan perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial-budaya diera global.
|
75
75
70
|
70
75
70
|
70
70
70
|
70
70
70
|
75
75
75
|
72
73
71
|
|
KKM UNTUK
KD 7.3
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
9
|
|
7.4
|
· Menjelaskan arti kerjasama ekonomi
antarnegara.
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
· Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi
antarnegara
· Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam
kerjasama ekonomi antarnegara.
· Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja
sama antarnegara
· Mengidentifikasi badan-badan kerja sama
ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.
|
75
75
75
75
70
70
|
70
70
70
70
75
75
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
75
75
75
75
75
75
|
72
72
72
72
72
72
|
|
KKM UNTUK
KD 7.4
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
10
|
7
|
7.5
|
· Mengidentifikasi badan-badan kerjasama
ekonomi regional dan multilateral.
· Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi
antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
|
75
75
|
70
70
|
70
70
|
70
70
|
75
75
|
72
72
|
|
KKM UNTUK
KD 7.2
|
|
|
|
|
|
72
|
||||
KKM UNTUK SEMESTER II
|
72
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengetahui, Dukuhturi, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Drs. Alfatah, M.Pd Mohamad Tarjono, S.Pd
NIP. 19670913 199512 1 003 NIP. 19660831 199412 1 004
0 komentar:
Posting Komentar