Jumat, 10 Agustus 2012

ANALISIS KKM



ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)

Nama Sekolah                      : SMP Negeri 1 Dukuhturi                                                                                                                  Kelas /Semester           : VII / 2
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                   Tahun Pelajaran           : 2011/2012

NOMOR
INDIKATOR
ASPEK ANALISIS KKM
URUT
SK
KD
ESENSIAL
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTAKE SISWA
SDM GURU
JUMLAH RATA 2
1
4
4.1
·   Membedakan peta, atlas, dan globe.

·   Mengidentifikasi  jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.

·   Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.

·   Mengartikan berbagai skala.

·   Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
75

75

70

65

65

70

70

70

75

75
65

65

70

65

65

70

70

70

75

75

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

KKM UNTUK KD 4. 1





70
2

4.2
·   Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.

·   Menentukan skala peta.

·   Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
70

65

70
70

70

70
70

75

70

70

70

70
70

70

70
70

70

70

KKM UNTUK KD 4. 2





70
3

4.3
·   Menjelaskan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.

·   Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.

·   Menjelaskan kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
80

70

70
70

70

70
60

70

70
70

70

70
70

70

70
70

70

70
KKM UNTUK KD  4.3





70
4
4
4.4
·   Menjelaskan sifat-sifat fisik atmosfer.

·   Menjelaskan cuaca dan iklim.

·   Menyebutkan tipe-tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).

·   Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.
·   Menjelaskan proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.
·   Menjelaskan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
·   Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
·   Menyebutkan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial, abisal).
·   Menjelaskan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.
80

70

70

70

70
70
70

70

70
70

70

70

70

70
70
70

70

70
60

70

70

70

70
70
70

70

70
70

70

70

70

70
70
70

70

70
70

70

70

70

70
70
70

70

70
70

70

70

70

70
70
70

70

70
KKM UNTUK KD  4.4





70
5
5
5.1
·        Menjelaskan masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia
·        Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia
·        Mengidentifikasi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia
·        Menyebutkan dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah
70

70

70

70
70

70

70

70
70

70

70

70
70

70

70

70
70

70

70

70
70

70

70

70
KKM UNTUK KD  5.1





70
6
5
5.2
·   Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke  Indonesia
·   Menjelaskan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia
·   Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.
·   Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia
·   Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Islam  di berbagai wilayah Indonesia
·  Menyebutkan dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah     bercorak Islam diberbagai    daerah
70

70

70


70

70
70

70

70


70

70
70

70

70


70

70
70

70

70


70

70
70

70

70


70

70
70

70

70


70

70
KKM UNTUK KD  5.2





70
7
5
5.3
·   Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa  ke Indonesia
·   Menjelaskan cara- cara yang  digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
·   Menjelaskan reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa.
·   Menjelaskan perkembangan  kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
70
70

70
70
70
70

70
70
70
70

70
70
70
70

70
70
70
70

70
70
70
70

70
70
KKM UNTUK KD  5.3





70
8
6
6.1
·  Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).
·  Menjelaskan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
·  Menjelaskankan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
·  Menjelaskankan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan    mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut
·  Menjelaskan kaitan anatara bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.
70
70
70

70


70

70
70
70

70


70
70
70
70

70


70
70
70
70

70


70
70
70
70

70


70
70
70
70

70


70
KKM UNTUK KD  6.1





70
9
6
6.2
·  Mendefinisikan pengertian  dan macam-macam kegiatan   ekonomi.
·  Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga  ( harian, mingguan dan bulanan ).
·  Menyusun skala prioritas  dalam memenuhi kebutuhan  sebagai siswa.
·  Menyebutkan aspek- aspek positif dan negatif  perilaku
   konsumtif seseorang.
·  Menjelaskan faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.
·  Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi  
·  Mengklasifikasi   macam-macam sumber daya ekonomi
·  Menjelaskan etika ekonomi dalam  memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis
·  Menyebutkan  usaha-usaha yang dapat dilakukan  guna meningkatkan jumlah dan mutu  hasil produksi (bidang industri dan pertanian ) baik melalui   intensifikasi maupun ekstensifikasi
·  Mendefinisikan  pengertian dan tujuan distribusi
·  Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
·  Melakukan kegiatan yang  menggambarkan contoh etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 
·  Mendefinisikan pe ngertian usaha, perusahaan  dan badan usaha
70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

70
70

70
70

70
70
70

70

70


70
70

70
70
70

KKM UNTUK KD  6.2





70
10
6
6.3
·  Mendeskripsikan  macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
·  Menjelaskan misi/tujuan badan   usaha(milik negara/daerah, milik swasta,koperasi)
·  Mengidentifikasi  beberapa   pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis
·  Menyebutkan badan  usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi
·  Mendeskripsikan  peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi
70

70

70

70

70


70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

KKM UNTUK KD  6.3





70
11
6
6.4
·  Mendefinisikan pengertian kreatif dan  proses kreatifitas dalam tindakan ekonomi
·  Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam   kehidupan sehari-hari yang  mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
·  Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan
·  Berlatih mengerjakan sendiri dan kreatifitas dan inovasi yang direncakan
·  Memberi contoh jenis produk berupa barang/ jasa dari sekitar tempat tinggal.
65

75

70

70
80

75

70

70

70
60

70

65

70

70
70

70

70

70

70
70

70

70

70

70
70

70

70

70

70
70

KKM UNTUK KD  6.4





70
KKM UNTUK SEMESTER II
70






















                                                                                                                                                                                                                            ...........................,    Januari  2012
Mengetahui,                                                                                                                                                                           

                        Kepala SMP...............................                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran,





...................................................                                                                                                                                                 ...................................................                                                                   
NIP. ..........................................                                                                                                                                                  NIP. ..........................................















ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)

Nama Sekolah                      : SMP ...............................                                                                                                                  Kelas /Semester           : IX / 2
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                   Tahun Pelajaran           : 2011/2012

NOMOR
INDIKATOR
ASPEK ANALISIS KKM
URUT
SK
KD
ESENSIAL
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTAKE SISWA
SDM GURU
JUMLAH RATA 2
1
5
5.1
·   Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.

·   Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
·   Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.
75

75

70

70

70

70

75

75

75

70

70

70

70

70

75

72

72

72

KKM UNTUK KD 5. 1





72
2
5
5.2
·   Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.

· Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
· Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.

· Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
· Penyajikan informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
· Memberikan contoh barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.
· Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

70

70

70

70
70

70

75

70

70

70

70
70

70

70

75

75

75

75
75

75

70

70

70

70

70
70

70

70

75

75

75

75
75

75

75

72

72

72

72
72

72

72

KKM UNTUK KD 5. 2





72
3
5
5.3
·         Mendeskripsikan proses pembentukan benua.

·         Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan  informasi tentang posisi benua-benua dan samudera.
·         Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua.
·         Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.
·         Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.
·         Membaca buku sumber tentang fungsi samudera
80

70

75
75
70

70
70

70

70
70
70

70

70

75

75
75
75

70
70

70

70
70
70

70
70

75

75
75
75

75
72

72

73
73
72

71
KKM UNTUK KD  5.3





72
4
6
6.1
·       Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
·       Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
·       Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
·       Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora)
Untuk merebut Irian Barat
·       Mendiskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
·       Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)
80

75

75

75

75

75

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

70

75

75

75

75

75

72

72

72

72

72

72

KKM UNTUK KD  6.1





72
5

6.2
·       Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat-  daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik  lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an
·       Mendiskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya
·       Mendeskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penaggulangannya
·       Mengidentifikasi keadaan politik  ,ekonomi, sosial ,dan budaya sebelum terjadinya peristiwaG.30 S/PKI
·       Mendiskripsikan terjadinya perstiwa G 30S/PKIdan cara penumpasannya
70


75


75

70


75
75


75


75

70


70
70


70


70

70


70
70


70


70

70


70
75


75


75

70


75
72


73


73

70


72
KKM UNTUK KD  6.2





72
6
7
7.1
·       Menyusun kronologi dan dan mendiskripsikan peristiwa –peristiwa politik penting pada masa Orde Baru
·       Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru 
·       Mendiskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi
75

70

75
70

75

70

70

70

70
70

70

70
75

75

75

72

72

72

KKM UNTUK KD  7.1





72
7
7
7.2
·       Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendiskripsikan peran Indonesia
·       Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia
·       Mendiskripsikan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
·       Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia
75

75
75

70
70

70
70

70
70

70
75

70
70

70
70

70
75

75
70

75
72

72
72

72
KKM UNTUK KD  7.2





72
8
7
7.3
·       Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi.

·       Mendeskripsikan dampak globalisi terhadap masyarakat.

·     Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya diera global.
75

75

70


70

75

70


70

70

70


70

70

70


75

75

75


72

73

71


KKM UNTUK KD  7.3





72
9

7.4
·  Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
·  Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
·  Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara.
·  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
·  Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.
75
75

75
75

70
70

70
70

70
70

75
75

70
70

70
70

70
70

70
70

70
70

70
70

75
75

75
75

75
75

72
72

72
72

72
72

KKM UNTUK KD  7.4





72
10
7
7.5
·   Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
·   Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
75

75


70

70


70

70


70

70


75

75


72

72


KKM UNTUK KD  7.2





72
KKM UNTUK SEMESTER II
72

















 Mengetahui,                                                                            Dukuhturi, 16 Juli 2012
 Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel IPS  



 Drs. Alfatah, M.Pd                                                                 Mohamad Tarjono, S.Pd                 
NIP. 19670913 199512 1 003                                                  NIP. 19660831 199412 1 004

0 komentar:

Poskan Komentar