Kamis, 09 Agustus 2012

SILABUS PEMBELAJARAN IPS



SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SMP Negeri 1 Dukuhturi
Kelas                             : VII (tujuh)
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                        : 1 (satu)
Standar Kompetensi       : 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
KKM
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.




















































Bentuk-bentuk muka bumi.







Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
Gejala diastropisme dan vulkanisme






Gempabumi




Pelapukan





Erosi









Sedimentasi.




Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.

Mengamati gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.

Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.

Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.




Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.

Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.

Mengamati obyek dan  gambar tentang erosi.






Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi

Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

·Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut





·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.

·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.




·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
·   Mendeskripsikan  proses pelapukan




·Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.






·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Tes lisan








Tes lisan





Tes tulis







Penugasan




Tes tulis





Tes tulis









Tertulis




Tertulis
Daftar pertanyaan.







Daftar pertanyaan




Pilihan Ganda






Tugas rumah



Tes Uraian





Pilihan ganda








Tes Uraian




Tes Uraian
Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!






Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!


Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
a.       maar
b.       perisai
c.        starto
d.       kaldera

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!

Jelaskan proses pelapukan biologis!




Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.       abrasi
b.       deflasi
c.        glasial
d.       korasi

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!


Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !


12 JP
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropisme.
Gambar tipe gunung api
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.



Peduli Lingkungan
Peduli Sosial
Rasa Ingin Tahu




Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
KKM
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara

Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.

Peninggalan –peninggalan kebudayaan.

Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara

 Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara

Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi  untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.

Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.

Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.
·   Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara

·   Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara

·   Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.

·   Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.

·   Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

Tes tulis


Penugasan







Tes tulis






Tes tulis






Penugasan
Tes Uraian


Tugas rumah






 Tes Uraian






Tes pilihan ganda





Tugas rumah
 Jelaskan pengertian masa pra aksara.

Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara berkelompok

Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.

Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
8 JP
Buku sumber yang relefan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar  peninggalan sejarah
Musium
Situs sejarah




Ingin Tahu
Kreativitas
Kerja Keras
Cinta Tanah Air



Standar Kompetensi       :  2. Memahami kehidupan sosial manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
KKM
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


Penegertian interaksi sosial.


Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.



Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Diskusi tentang pengertian interaksi sosial.

Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.

Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
·   Menjelaskan pengertian interaksi sosial.

·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Tes tulis



Tes tulis




Portofolio


Tes uraian



Tes Uraian




Rubrik


Jelaskan syarat-syarat terjadinya  interaksi sosial.

Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!

Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.

4 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
2.2   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
Pengertian sosialisasi


Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis

Tes Uraian


Tes Uraian



Pilihan ganda
Jelaskan pengertian sosialisasi!

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!

Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
a.       primer
b.       skunder
c.        tersier
d.       kuarter
6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
2.3   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Bentuk-bentuk interaksi sosial
(antar individu dengan individu,
antar individu dengan kelompok, dan
antar kelompok dengan kelompok)

Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.


·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.


Tes tulis







Tes unjuk kerja
Pilihan ganda






Tes petik kerja prosedur dan produk
Contoh interaksi sosial berikut ini adalah ....
a. Guru mengajar siswa
b. Petani menyiram tanaman
c.  Pawang melatih gajah
d. Sopir menyetir taksi

Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
-         individu dengan individu
-         individu dengan kelompok
-         kelompok dengan kelompok
6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.

VCD

Buku-buku
sumber yang relevan.

Surat kabar.

Masyarakat

Tekun
Hormat dan Perhatian
Tanggung Jawab
2.4   Mengurai-kan proses interaksi sosial


Proses sosial asosiatif


Proses sosial disosiatif.



Diskusi tentang proses sosial asosiatif


Diskusi tentang proses sosial disosiatif.





·   Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .

·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes Uraian



Panduan observasi
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama!

Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!

6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

Ingin Tahu
Disiplin

Standar Kompetensi       : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
KKM
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.  Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.


Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.



Menerapkan / Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Mendiskusikan  makna  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi  yang bermoral

Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan  ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi  yg bermoral


Tanya jawab cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

·   Mendefinisikan  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral

·   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral





·   Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral

Tes tulis




Tes tulis




  




Observasi


Tes Uraian




Tes pilihan ganda








Lembar Observasi

Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!

Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah :
 a. saling tolong menolong
 b. setia kawan dan toleransi
 c. individual  dan egois
 d. simpati dan empati

Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan


Buku IPS VII BSE
Gambar-gambar, CD Pembelajaran

Kepedulian Sosial
Tanggung Jawab
Kemandrian
3.2.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Tindakan
Ekonomi manusia dalam memanfaatkan  sumberdaya ekonomi

Tindakan ekonomi yang rasional

Pengertian motif dan prinsip ekonomi

Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.

Penerapan/Aplikasi kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

 Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perilaku manusia  dalam memanfaatkan sumber   daya yang terbatas untuk memenuhi dengan melakukan tindakan ekonomi

Mendiskusikan   tindakan ekonomi      rasional yg  dila-kukan manusia

Mendiskusikan     pengertian  motif  dan prinsip  ekonomi

Membaca literatur dan mendiskusikan macam –  macam  motif  dan prinsip Ekonomi

Mendiskusikan tentang   contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan  prinsip ekonomi
Tanya jawab tentang     manfaat/   pentingnya    prinsip ekonomi    dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi

·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia

·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.

·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.

·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.




·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tes   Lisan





Tes tulis

  


Tes tulis


Tes tulis








Observasi






Tes tulis
Daftar pertanyaan




Tes Isian




Tes Uraian


Tes pilihan ganda







 Lembar Observasi






Tes Uraian
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?

Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... .

Jelaskan pengertian motif ekonomi.

Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan        
c. sosial
b. keuntungan      
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan berdasarkan  motif  ekonomi!


Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.


Buku IPS VII BSE
Gambar-gambar, CD Pembelajaran

Tanggung Jawab
Ingin Tahu
Kepedulian Sosial


Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi



Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,              Juli 2011
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Samsudin, S.Pd
NIP.










3.3.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Tindakan
Ekonomi manusia dalam memanfaatkan  sumberdaya ekonomi

Tindakan ekonomi yang rasional

Pengertian motif dan prinsip ekonomi

Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.

Penerapan/Aplikasi kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

 Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perilaku manusia  dalam memanfaatkan sumber   daya yang terbatas untuk memenuhi dengan melakukan tindakan ekonomi

Mendiskusikan   tindakan ekonomi      rasional yg  dila-kukan manusia

Mendiskusikan     pengertian  motif  dan prinsip  ekonomi

Membaca literatur dan mendiskusikan macam –  macam  motif  dan prinsip Ekonomi

Mendiskusikan tentang   contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan  prinsip ekonomi
Tanya jawab tentang     manfaat/   pentingnya    prinsip ekonomi    dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi

·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia

·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.

·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.

·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.




·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tes   Lisan





Tes tulis

  


Tes tulis


Tes tulis








Observasi






Tes tulis
Daftar pertanyaan




Tes Isian




Tes Uraian


Tes pilihan ganda







 Lembar Observasi






Tes Uraian
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?

Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... .

Jelaskan pengertian motif ekonomi.

Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan        
c. sosial
b. keuntungan      
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan berdasarkan  motif  ekonomi!


Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.


Buku IPS VII BSE
Gambar-gambar, CD Pembelajaran

Tanggung Jawab
Ingin Tahu
Kepedulian Sosial



Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Dukuhturi



Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

Dukuhturi,              Juli 2011
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Teguh PW, S.Pd
NIP.



0 komentar:

Posting Komentar