KISI- KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SATUAN PENDIDIKAN : SMP N 1 DUKUHTURI ALOKASI WAKTU : 120 MENIT ( 50 SOAL )
MATA PELAJARAN : IPS TERPADU JUMLAH SOAL : 20 PILIHAN GANDA
KELAS / SEMESTER : IX (SEMBILAN) TAHUN PELAJARAN : 2011 / 2012
KOMPETENSI DASAR | Kelas/ SMT | INDIKATOR SOAL | BENTUK SOAL |
Mendiskripsikan keragaman bentuk bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan | VII/1 | Dapat mengidentifikasi jalur pegunungan lipatan yang termasuk Sirkum Mediterania. | PG |
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra – aksara di Indonesia | VII/1 | Dapat menyebutkan jenis manusia Jawa tertua sebagai pendukung zaman batu | PG |
Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial | VII/1 | Dapat menyebutkan syarat terbentuknya interaksi sosial | PG |
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan | VII/1 | Dapat mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang paling mendasar yang dihadapi manusia. | PG |
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan. | VII/2 | Disajikan data dalam table tentang komponen peta, siswa dapat menunjukkan persyaratan peta agar sesuai dengan kaidah – kaidah kartografis. | PG |
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk | VII/2 | Disajikan Peta Indonesia, siswa dapat menemutunjukkan garis yang merupakan batas antara fauna Indonesia Barat dan fauna Indonesia Tengah. | PG |
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu – Budha, serta peninggalan – peninggalannya. | VII/2 | Dapat menyebutkan sumber sejarah yang penting mengenai Kerajaan Majapahit. | PG |
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan – peninggalannya. | VII/2 | Dapat mengidentifikasi tujuan didirikannya VOC ( Vereenigde Oost Indische Compagnie ). | PG |
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang / jasa. | VII/2 | Dapat menjelaskan tujuan manusia melakukan kegiatan konsumsi. | PG |
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan | VII/2 | Dapat mengidentifikasi ciri – ciri pokok orang kreatif. | PG |
Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk | VIII/1 | Dapat menyebutkan rumpun ras penduduk Indonesia | PG |
Mendiskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan | VIII/1 | Dapat menjelaskan ciri utama pembangunan berwawasan lingkungan | ES |
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan | VIII/1 | Dapat menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah erosi pada lahan miring | PG |
Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia | VIII/1 | Dapat mengidentifikasi situasi politik di Eropa yang berpengaruh terhadap perubahan pemerintahan Kolonial Belanda di Indonesia pada akhir abad ke – 19 | PG |
Mengidentifikasi berbagai penyakit social ( miras, judu, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya ) sebagai akibat penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat | VIII/1 | · Dapat mengidentifikasi pengertian penyimpangan social · Dapat menyebutkan contoh tindakan penyimpangan perilaku individu yang menyangkut moral dan norma kesusilaan. | PG PG |
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas | VIII/1 | Dapat mengidentifikasi factor – factor eksternal yangmempengaruhi kebutuhan seseorang | PG |
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat | VIII/1 | Dapat megidentifikasi jenis – jenis pasar berdasarkan bentuk / strukturnya | PG |
Mendeskripsikan peristiwa – peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya NKRI | VIII/2 | Dapat menyebutkan peran salah satu tokoh pemuda dalam rangkaian peristiwa proklamasi | PG |
Menjelaskan bentuk – bentuk hubungan sosial | VIII/2 | Dapat mengidentifikasi fungsi pranta social dalam kehidupan masyarakat | PG |
Mendeskripsikan pelaku – pelaku ekonomi dalam system perekonomian Indonesia | VIII/2 | Dapat mengidentifikasi factor internal yang mempengarhi system ekonomi suatu negara | PG |
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam system perekonomian nasional | VIII/2 | Mengidentifikasi salah satu fungsi pajak | PG |
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar | VIII/2 | Dapat menyebutkan etika ekonomi dalam permintaan | PG |
Mengidentifikasi cirri – cirri negara berkembangan dan negara maju | IX / 1 | Dapat mengidentifikasi negara – negara yang tergolong sebagai negara maju | PG |
Mendiskripsikan Perang Dunia II ( termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan social, ekonomi, dan politik di Indonesia. | IX / 1 | · Dapat menyebutkan nama pangeran Austria yang terbunuh sebagai penyebab khusus terjadinya Perang Dunia I · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan social di Indonesia · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia terhadap keadaan politik di Indonesia · Dapat menyebutkan pengaruh perang dunia II terhadap keadaan ekonomi di Indonesia | PG PG PG |
Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | IX / 1 | · Dapat mengidentifikasi hasil Konferensi Meja Bundar · Dapat menyebutkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 | PG Es |
Mendeskripsikan perubahan social – budaya pada masyarakat | IX / 1 | · Dapat menyebutkan factor eksternal yang dapat menyebabkan perubahan social · Dapat menyebutkan urutan tahapan yang benar tentang proses adopsi ide – ide baru dalam masyarakat | PG PG |
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan | IX / 1 | · Disajikan data fungsi Uang, siswa dapat mengidentifikasi fungsi asli uang · Dapat mengidentifikasi salah satu prinsip yang diberlakukan pada bank syariah | PG PG |
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia | IX / 1 | · Dapat mengidentifikasi factor – factor pendorong perdagangan internasional · Dapat menghitung besar uang asing ( dollar ) dengan mengguna kurs | PG PG |
Menginterprestasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi | IX / 2 | · Disajikan data bentuk – bentuk muka bumi, siswa dapat mengidentifikasi relief dasar laut · Dapat menyebutkan contoh daerah di Indonesia yang bukan merupakan bagian dari daratan Asia maupun Australia · Disajikan peta wilayah Indonesia, siswa dapat menunjukkan daerah di Indonesia yang merupakan bagian dari dangkalan sunda | PG PG PG |
Mendeskripsikan keterkaitan unsur – unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara | IX / 2 | · Dapat menyebutkan ras suku bangsa Melayu yang merupakan penduduk Asia Tenggara · Disajikan peta wilayah negara Singapura, siswa dapat menunjukkan daerah pusat industry Singapura | PG PG |
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera | IX / 2 | · Dapat menyebutkan perairan laut yang memisahkan Benua Asia dan Afrika · Dapat menyebutkan karakteristik samudera Arktik | PG Es |
Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat | IX / 2 | | PG |
Mendeskripsikan peristiwa tragedy nasional ( peristiwa Madiun / PKI, DI /TII, G.30 S/ PKI, dan konflik – konflik internasional lainnya | IX / 2 | | PG |
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi | IX / 2 | Dapat menyebutkan masa berakhirnya orde baru dan lahirnya Reformasi | PG |
Menguraikan perkembangan lembaga – lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional | IX / 2 | Dapat menyebutkan peran Indonesia dalam dunia internasional | PG |
Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan social – budaya di era global | IX / 2 | Dapat menyebutkan contoh perilaku masyarakat dalam prubahan social – budaya di era global | PG |
Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi | IX / 2 | Dapat menyebutkan contoh kerjasama antarnegara di bidang ekonomi. | PG |
Mengidentifikasi kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia | IX / 2 | Dapat menyebutkan dampak kerjasama antarnegara | PG |
| | | |
0 komentar:
Posting Komentar